GoKampus

Bersama GoKampus, Kuliah Tak Perlu Ribet!

Siapa sih yang tidak ingin kuliah? Kalau masa saya dulu, kuliah itu ribet. Tahun 2007, untuk mendaftar kuliah harus keluar kota. Saya dari Blitar, kalau mau ke Malang sekitar 2 jam, ke Surabaya 4 jam. Untuk daftar ke satu universitas sekiranya bisa 2-4 kali bolak-balik, untuk sekadar ambil formulir ataukah tes psikologi dan fisik.

Tiket kereta di masa itu < Rp 10.000, kalau bus Rp 15.000-25.000. Itu sekali jalan. Kalau PP tinggal dikalikan dua. Belum lagi ongkos tambahan kalau ada yang menemani. Saat ujian nasional pun perlu tempat kos, uang Rp 100.000 harus rela dikeluarkan dalam satu hari. Uang makan dan jajan, belum dihitung.

Repotlah! Tenaga terforsir, uang menipis.

Sekarang, di masa pandemi seperti ini. Semuanya mulai beralih melalui metode jarak jauh. Tak ada lagi saling desakan ataukah antre mengambil formulir, adanya uang data. Melalui internet semua bisa dicapai. Untuk kuliah pun juga telah mengalami kemajuan. Aplikasi yang bekerjasama dengan universitas untuk menyediakan fasilitas online pun mulai dilirik dan dinikmati.

Salah satunya aplikasi GoKampus.

 Berkenalan dengan Go Kampus

GoKampus merupakan aplikasi mobile untuk semua kebutuhan mahasiswa, baik untuk mendapat gelar sarjana ataukah pascasarjana. Dengan #NgapainSusah, semuanya bisa dilakukan melalui satu aplikasi. Kita bisa menemukan beasiswa, daftar kuliah, memilih jurusan kuliah dan membuat acara kampus hingga cara magang.

Kemudahan ini menunjang pendidikan di tengah pandemi. Karena kelas dilakukan jarak jauh, program ini juga ramah untuk mereka yang bekerja nyambi kuliah.

Keuntungan lain dari aplikasi ini, kita dapat:

  1. Transfer SKS ke mitra universitas GoKampus dengan harga terjangkau.
  2. Mendapatkan sertifikat dari universitas untuk keperluan pekerjaan atau lainnya.
  3. Pengalaman pembelajaran unik berbasis video dari dosen unggulan dan praktisi profesional.
  4. 100% kelas online yang bisa diakses kapan pun dan di mana pun.
  5. Pilihan kelas yang keren dan berkualitas.
  6. Fleksibel belajarnya.

Fokus pembelajaran khususnya pada segala sesuatu yang dibutuhkan dalam menghadapi industry 5.0 di masa depan. Kelas GoKampus banyak mempromosikan dasar pemasaran, content creator , membangun dunia melalui programming, mengasah skill entrepreneurship sejak dini, hingga kelas lainnya yang sejalan dengan perkembangan karir dunia.

Untuk menikmati aplikasi ini kita perlu mendownloadnya terlebih dahulu, baik di playstore ataupun app store. Kemudian pilih cara untuk masuk, apakah melalui media sosial ataukah akun google. Bila sudah ada, tinggal memasukkan kata sandi dan juga data diri.

Ketika pendaftaran selesai, kita dapat melakukan Holland Test secara gratis. Tes ini membantu pengguna untuk menemukan passion sesuai dengan kemampuan diri. Sehingga jurusan kuliah pun tak asal pilih atau sembarangan.

Menu dalam Aplikasi

Di halaman awal layar kita disuguhi menu Beasiswa, Acara, Tes Minat Bakat, Promo, Magang dan juga Pinjaman. Bagi yang ingin mendaftar kuliah bisa langsung mendaftar di Daftar Kuliah dan juga upload rapor. Sedangkan di pojok kanan terdapat lonceng sebagai notifikasi dan juga bungkusan kado yang berisi voucher atau bonus.

Tampilan elegan dengan ciri khas  warna ungu memudahkan pengguna untuk menggunakan fitur sesuai kebutuhan. Warna yang digunakan pun tak mencolok, sehingga tidak mengganggu penglihatan.

Beasiswa: di dalamnya terdapat keterangan mengenai nama, jenis fasilitas yang didapat, syarat hingga berapa jumlah perkiraan beasiswa yang diterima. Ada beberapa beasiswa yang bisa dijadikan referensi untuk dipilih, di antaranya: LSPR (Scholarship: Reguler, Schlarship: Anak Guru, By Class Rank: Paralel ataukah tidak, By Achievement), Beasiswa SPP UNTAR, Beasiswa Ranking Kelas LSPR, beasiswa Reguler SP.

Acara: Dalam acara ini bisa menjadi sarana kita untuk melihat acara yang ditawarkan dari pihak kampus. Kita pun juga bisa melihat acara yang diikuti. Jika acara yang diinginkan tak ada, tak perlu risau, kita bisa membuatnya sendiri. Caranya mudah, cukup dengan mengisi formulir yang berisikan Judul, Tanggal pelaksanaan, URL Website, Tempat, Nama Penyelenggara, Email, Nomor kontak, hingga deskripsi organisasi dan kegiatan.

Tes Minat Bakat: Berdasakan Holland Code dari psikolog John Holland tes ini membantu kita menentukan jurusan kuliah yang pas. Ada 42 pertanyaan dengan 6 kategori yang akan kita dapatkan, yaitu: Realistic (Membangun, memperbaiki, bekerja di luar ruangan), Investigative (Berpikir, meneliti, eksperimen), Artistic (merancang dan berekspresi), Social (menolong, mengajar),   Enterprising (memimpin, menjual), dan Convential (mengorganisir dan mencatat).

Promo: Ini yang biasanya dinanti, promo. Murah tetapi bukan murahan.Selain promo pendaftaran kuliah juga terdapat promo tempat tinggal, laundry bahkan makanan.

Magang: Sebelum terjun di dunia kerja, magang menjadi sesuatu yang penting. Bekerjasama dengan mitra GoKampus, magang menjadi mudah  dan menyenangkan. Pun untuk daftar tak perlu bingung, ada keterangan syarat, keterangan perusahaan/ posisi yang ditawarkan.

Pinjaman: Melalui PT Pinduit teknologi dan PT Finteh Bina Bangsa kita bisa mencari dana pinjaman untuk pendidikan.

Keunikan lain yang menarik adalah adanya tawaran untuk pengguna umum seperti saya, Ayo jadi GoPreneur, dengan undang teman untuk daftar kita dapat saldo Rp 50.000.

Sebagai pejuang kuliah, kita juga perlu tahu mengenai kampus yang bekerjasama dengan GoKampus. Semua ini dapat di lihat di link Universitas, baik lokal ataupun internasional. Di dalam universitas yang dipilih ada keterangan lengkap mengenai kampus yang kita inginkan, yaitu: akreditasi, tempat, biaya kuliah, jenis kelas dan juga pilihan jurusan. Tinggal dipilih mana yang kita inginkan.

Selain itu ada artikel terbaru, acara keren buat pengguna diantaranya GoKampus University, lomba blog dan juga Open House Tarumanegara Xinya Collage.

Kemudian, di bagian bawah ada HOME yang berisikan semua penawaran yang ada. Nah, selain HOME ada juga Pendaftaran, Universitas dan Profil. Pendaftaran ini bermanfaat untuk konfirmasi atas apa yang kita lakukan, semisal kita daftar beasiswa, nanti akan ada keterangan berkas apakah yang dibutuhkan, serta diterima atau ditolak.

Dalam pilihan Universitas kita juga bisa menyesuaikan pencarian, berdasarkan kota, jurusan, biaya, adakah Instan Approval  atau tidak. Yang suka berpetualang atau mencoba suasana baru, bisa memilih kampus luar negeri. Namun, kalau mau yang terjangkau di dalam negeri juga banyak. Semuanya berkualitas kok.

Kemudahan yang kita dapatkan dari pendaftaran ini juga sebagai orang tua kita dapat mendaftarkan anak. Dengan memilih mendaftarkan orang lain kita tetap bisa memantau dan melihat perkuliahan yang diikuti anak.

Jika sudah mendaftar dan masih ragu untuk melanjutkan atau membayar, kita tak perlu khawatir, semuanya sudah terekam dalam Draft pendaftaran. Jadi, kalau sewaktu-waktu sudah yakin bisa langsung daftar lagi. Tanpa ribet mengulang.

Ada satu yang menarik dalam Profil, yaitu pilihan bahasa. Selain bahasa Indonesia ada juga bahasa inggris. Pun dalam akun jelas mengenai data diri dan juga NIM di GoKampus, layaknya ketika kita kuliah di kampus biasa.

Kalau mengenai kerahasiaan tak perlu ragu, ada sandi yang bisa menjadi pelindung data diri kita. Namun, harus tetap berhati-hati menggunakannya, bila salah menggunakan dalam waktu 10x akun kita bisa diblokir.

Supaya Lebih Asyik GoKampus Sebaiknya ….

Menurut saya, fitur yang disediakan bermanfaat dan menarik. Selain memberikan informasi yang singkat, juga tidak bertele-tele. Namun, alangkah lebih baik kalau ada panduan atau video tutorial di fitur beasiswa, magang dan juga pinjaman. Selain karena isiannya banyak, juga membutuhkan untuk upload gambar.

Dalam aplikasi ini tak ada fitur tanya jawab secara langsung, khusus dari pengguna ke pihak GoKampus. Yang ada adalah jawaban pertanyaan di bagian Profil: Bantuan. Memang ada beberapa pertanyaan yang sekiranya membantu di sana. Untuk mencarinya pun perlu memihat satu persatu pertanyaan, apakah sesuai dengan keinginan kita atau tidak. Alangkah lebih baik kalau fitur tanya jawab ini ada di bagian depan.

Untuk Universitas, sebaiknya disertakan pula mengenai media sosial ataukah web yang langsung mengarah ke universitas yang dituju, Selain untuk semakin meyakinkan pengguna juga dapat menjawab keingintahuan tentang tempat kuliah yang diinginkan.

Selain itu, adanya bintang atau tingkat kepuasan pada masing-masing kampus juga bisa ditambahkan. Selain untuk menguatkan branding dan pelayanan, juga membantu pengguna dalam menentukan pilihan kampus.

Dalam pendaftaran ini sebaiknya ada panduan lengkap mengenai format dokumen yang akan diunggah. Memang sudah ada keterangan dalam bentuk JPG, PNG ataukah pdf dengan batasan ukuran 10 Mb. Namun, ada contoh atau keterangan semakin bagus. Apalagi untuk urusan rapor ataukah data diri. Bagian mana saja yang dimasukkan dalam foto, juga harus jelas. Seringkali, proses unggahan ini membutuhkan waktu dan kesabaran ekstra.

Program Unggulan

Salah satu program unggulan yang tak bisa ditolak adalah Instant Approval, bahkan GoKampus menawarkan satu jam bisa beres lo!

  • Proses cepat: bisa diterima kuliah dalam waktu kurang dari seminggu.
  • Cukup sekali klik: daftar kuliah anti ribet, bisa kuliah di beberapa tempat secara bersamaan.
  • Prosedur simpel: Proses pendaftaran cukup dengan mengisi data diri dan dokumen.
  • Gratis biaya pendaftaran:  tidak perlu uang tambahan.
  • Cashback hingga Rp 500.000, didapat setelah pembayaran kuliah selesai.

Tawaran Kece, Sayang kalau Dilewatkan!

  • Promo

Promo yang disediakan tidak hanya untuk membantu pembiayaan kampus, ada juga promo tempat tinggal/ kost dekat kampus yang bekerjasama dengan GoKampus, namanya Rukita. Yang terakhir tapi bukan akhir, ada promo makan juga bersama Hangry sebesar 30%.

  • Event

Sebagai salah satu pendukung pendidikan yang maju dan memudahkan, Gokampus tentu saja menyediakan event yang sayang kalau dilewatkan, salah satunya tentang lomba blog.

  • GoPreneur

Dengan mengundang teman untuk daftar, saldo sebesar Rp 50.000 masuk dalam kantong.

Saatnya ngampus tanpa ribet. Kejar pendidikan tinggi tanpa mikir dua kali. Melalui GoKampus, kuliah tak terbatas di depan mata. Jika penasaran silakan kunjungi juga blog GoKampus untuk mendapatkan informasi menarik. Siapkah Sobat mencobanya?

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *