Fortune Indonesia

Fortune Indonesia: Partner Wirausaha Milenial dalam Mengembangkan Bisnis Di Masa Pandemi

Sebelum Covid-19, saya tak pernah menghiraukan berita bisnis di TV. Pemberitaan ekonomi global ataupun nasional pun tidak penting. Pajak, sampai saham  menjadi bahasan asing yang tak enak untuk didengar ataupun dilihat. Maklum, sebagai ibu rumah tangga, saya tahunya hanya di rumah mengurus keluarga. Sesekali membuka ponsel juga sekadar untuk melihat sinetron ataupun berita artis terkini.

Tahun 2020 menjadi titik awal perubahan. Lebih tepatnya dipaksa keadaan. Sebagai pasangan muda, kami (saya dan suami) berupaya membangun usaha. Mau dikatakan bisnis belum PD. Dimulai dari berjualan online tentang makanan, baju dan juga herbal. Nyatanya belum ada kemajuan signifikan tentang usaha kami. Justru tombok istilahnya hingga kami menghabiskan tabungan.

Bisnis memang tak semudah kelihatannya dan tak selalu berhasil. Ekspektasi dan harapan kami jatuh.

Ah, sekarang baru menyesal. Dulu sewaktu kuliah, saya selalu menolak untuk berwirausaha. Entah ikut seminar, pelatihan ataukah praktik usaha. Tahunya hanya kuliah, pulang, makan dan tidur. Ujian ya ujian. Kalau mau nyari duwit tambahan tinggal calling ortu.

Tak mau larut dalam penyesalan, kami tetap melanjutkan usaha. Daripada kelaparan, kami pun berupaya membuat produk sendiri, salah satunya minyak VCO. Semua dipelajari secara autodidak. Tak jarang pula dari grup dan juga webinar gratis seputar bisnis.

Masih butuh perjuangan panjang. Butuh tenaga dan waktu ekstra untuk selalu belajar bisnis. Selain tidak ada basic di bidang itu juga karena keuangan kami tak seberapa.

Saya sadar kalau memulai bisnis tidak cukup dengan memiliki modal kemudian investasi. Perlu adanya referensi yang akurat dan tajam.

Menjadi Bagian Wirausaha Milenial 2021

Diakui atau disangkal, Covid-19 menambah beban kehidupan secara langsung ataupun tidak. Pengangguran meningkat, usaha kecil mati suri, bahkan bisnis pun terhambat. Sebaliknya, orang yang bekerja kantoran ataukah PNS tidak begitu terpengaruh. Mereka masih mendapat gaji pasti di setiap bulannya. Yah, walau berkurang juga jumlahnya, intinya masih ada yang dikantongi.

Menurut catatan Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) berdasarkan data dari BPS jumlah pengusaha di Indonesia dari yang sebelumnya 1, 67% menjadi 3,10% dari 225 juta jiwa. Bila dibandingkan dengan Malaysia (6%) dan Singapura (7%), jumlah ini masih terbilang rendah.

Rencana pemerintah dalam Indonesian Enterprenership Champ yang menyaring 5000 pengusaha muda memang inovasi yang patut diperhatikan dan didukung. Bagaimanapun kita tidak bisa lepas dari perkembangan dunia digital. Sebagai generasi Milenial kita harus produktif karena rasio jumlah usia produktif didominasi oleh pengangguran dan juga yang belum memiliki pekerjaan layak.

Di masa pandemi, kita tak bisa bergantung sepenuhnya pada pemerintah. Perlu ada kiat dan upaya untuk bisa menjadi entrepreneur muda. Salah satunya dengan memilih dan memilah media informasi yang relevan dan tepercaya. Selain itu, kita bisa belajar dari role model dari perjuangan pengusaha muda yang sudah diakui oleh masyarakat bahkan dunia.

Sumber: www.fkpindonesia.org

Dari wirausaha muda yang terdata, sayangnya hanya segelintir yang bisa sampai memiliki bisnis sendiri. Yah, bagaimanapun tidak semua calon pengusaha muda mampu untuk menaklukkan diri dan menantang dirinya untuk lebih berkembang.

Seandainya kita mau memulai bisnis, tak perlu jauh memilih bidang yang wah seperti bisnis rintisan digital (startup), memulai usaha dari hal yang dianggap biasa juga bisa kok. Apalagi yang sesuai passion. Sebut saja Andi Nata (Farm Maju Bersama) dengan ternak kambing dan aqiqah ataupun Hermawan (Setia Farm) dengan sapinya. Keduanya bisa sukses dengan omset minimal ratusan juta rupiah dari kandang.

Yah, segala sesuatu butuh guru. Pengalaman adalah yang terbaik, untuk itu perlu role model yang tepat dalam menjalankannya. Bisnis tak seperti PNS yang mendapatkan gaji pasti. Namun, bisnis bisa lebih dari gaji PNS atau kantoran ketika kita mau menekuninya.

Butuh role model? Cari di media bisnis yang sesuai dengan passion kita.

Lebih Dekat dengan IDN Media

IDN Media adalah media digital besutan Utomo bersaudara, Winston Utomo dan William Utomo. Media digital ini menyuguhkan berita dan juga informasi sesuai generasi Milenial dan Gen-Z. Awal mula terbentuknya IDN media berawal dari keisengan Winston yang menulis artikel di laman miliknya dan kemudian viral. Melihat adanya peluang untuk membuat konten khusus untuk generasi milenial dan Z, ia memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya sebagai Acount Specialist di Google Singapura. Akhirnya, bersama sang adik, IDN Media resmi diluncurkan.

Keunikan berita jurnalisme di IDN media dapat dilihat dari unsur kreatif yang disisipkan ke dalam beritanya. Unik ya! Nilai tambah informasi jurnalisme bukan hanya dari kecepatan, tetapi dari sisi kreatif juga. Konten-konten yang ada lebih kreatif dan inovatif tentunya.

Saat ini, IDN Media mengoperasikan IDN Times (News & Entertainment Portal), Popbela.com (Female-focused Portal), Yummy (Food-focused Media), IDN TV (Video Production House), IDN Creative (Digital Agency), IDN Event (Event Agency), IDN Creator Network (Creator Marketing Agency). Dan terakhir mendirikan Popmama.com (Milenial Mama). Pada tahun 2019, IDN Media juga  mengakuisisi dua media lainnya yakni ggwp.id (multi-platform esports) dan duniaku.com (Anime and Game Culture Media).

Seiring dengan pertumbuhan informasi, IDN Media pun tak mau kalah, salah satunya dengan menyuguhkan berita seputar bisnis. Bukankah bisnis menjadi sesuatu yang menarik untuk diulas? Walau terkesan berat, bisnis bukan lagi sesuatu yang patut untuk ditakuti. Bersama IDN Media wirausaha muda bisa terus berkembang lo!

Fortune Indonesia

Fortune adalah jawaban yang dicari bagi pebisnis atau usahawan muda untuk mengokohkan pondasi informasi. Dulu saya mengenal Fortune dalam bentuk majalah Fortune. Rubrik yang paling disuka mengenai ranking, entah orang terkaya atau dari segi prestasinya. Bagi yang ingin berpuasa gawai, pilihan membeli majalah menjadi tepat, tetapi untuk yang praktis bisa dipakai cara lain.

Salah satunya mulai dari portal digital. Fortune online berkomitmen untuk menampilkan informasi dan berita dengan standar akurasi, transparansi, dan legalitas yang tinggi di Indonesia, terutama dalam bidang bisnis, finansial, ekonomi, perbankan, investasi, market research dan keuangan.

Bagaimana dengan Milenial dan generasi Z? Tidak perlu khawatir. Tanpa melupakan ciri khasnya yang kreatif, Fortune.idn tetap menonjolkan pentingnya kualitas berita jurnalisme, Fortune.idn tetap dapat memberikan positive impact untuk kebutuhan dan perkembangan Milenial dan gen-Z.

F (FORTUNE)

Ketika Sobat membuka  website Fortune, homepage menampilkan fitur yang elegan dan tertata. Seperti penampilan pebisnis atau usahawan yang biasanya terlihat di media massa. Dari sini kita bisa melihat berbagai kategori berita yang berurutan dari Market, Business, Finance, News Tech, Sharia dan Luxury.

Di awal halaman, kita tidak perlu bingung. Ada update berita terbaru dengan berbagai judul artikel yang layak untuk dibaca. Pun kalau masih bingung bisa dicari di search ataukah di tanda luv yang seringkali kita mainkan sewaktu kecil.

Market

Di dalamnya  berisi berita pergerakan dan prediksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Di Indonesia, pasar modal masih berkembang karena itu sangat bergantung pada kondisi ekonomi global dan pasar modal dunia. IHSG perlu diprediksi untuk mengetahui besar nilainya di masa mendatang agar investor atau penanam modal dapat mengambil kebijakan yang tepat. Mana saham yang layak dibeli atau tidak dan juga investasi mana yang memberikan return terbaik.

Seperti dalam artikel 4 Mitos Aset Bitcoin, Mari Kuliti Bersama. Berita dalam kategori Market tidak hanya berfokus pada pandangan profesional lo, tetapi juga pemula. Sehingga yang masih awam tentang investasi, pasar modal ataukah istilah lainnya dapat mendapat pengetahuan baru di sini.

Business

Berita perkembangan bisnis, perusahaan, inovasi dan profil tokoh. Bisnis selalu berkembang, pun dengan pelakunya. Untuk melakukan bisnis perlu adanya role model atau mentor tepercaya. Pun kalau mau otodiidak harus berdasar sumber tepercaya.

Belajar dari Ny. Swan yang membagikan resep sukses bertahan di bisnis kuliner “Dapur Solo Bertahan Lebih dari 5 Dekade, Ini 5 Kunci Suksesnya”  membuktikan bahwa bisnis itu juga layak digeluti oleh kaum perempuan. Untuk itulah literasi perlu diperluas.

Finance

Berita ekonomi, kebijakan BI, pajak, perbankan dan asuransi. Sebagai pelaku atau pengamat bisnis, finansial menjadi kebutuhan pokok dan krusial. Apalagi di masa pandemi, tidak hanya untuk kalangan khusus, kebutuhan pengetahuan tentang finansial ini juga dibutuhkan secara luas. Salah satu alasannya agar mereka juga dapat mengelola keuangan dengan cerdas.

Seperti dalam atikel Kenaikan PPN bakal Berdampak ke Harga Barang, Ini Strategi Peritel, menjadi pengingat agar kita paham tentang produk, layanan dan juga pajak yang massif diprogram oleh pemerintah. 

Dengan pengetahuan yang terus diperdalam tentang perkembangan terkini, kita bisa memilih dan memanfaatkan produk dan jasa keuangan secara bijak. Pun kita bisa tetap memantau perkembangan di tengah keterbatasan jarak.

News

Berita politik, kesehatan, industri, energi dan internasional. Kalau ini tidak perlu diragukan lagi. Seperti sekarang, siapa pun mengalami keterbatasan. Ada step atau protokol yang mengharuskan kita untuk lebih aktif sekaligus protektif. Adanya berita baru menambahkan kekuatan serta referensi untuk mengantisipasi hal yang tidak diduga dalam komunitas ataupun negara.

Seperti dalam praktiknya, siapa yang berencana punya mobil baru? Ada berita baik ini. Sampai Akhir 2022, Beli Mobil Baru Bisa Tanpa Uang Muka Bank Indonesia memperpanjang DP nol persen bagi mobil baru. Pemberitaan ini dapat membuka celah dan menguntungkan kalau sesuai dengan yang kita butuhkan.

Tech

Berita gadget, software, AI, aplikasi dan teknologi terbaru membantu kawula muda untuk bisa tetap aman dan bahagia. Dengan mengetahui info teknologi terbaru kita bisa membatasi peretas, serangan jahat, dan “ajakan bertindak” yang berbahaya dengan fasilitas yang ada sehingga kemampuan untuk menjelajah dapat aman dan bertransaksi pun nyaman.

Ketika tahu tren teknologi terbaru, kita dapat membuat beberapa perubahan pada operasi dan proses produksi. Salah satunya dengan pemanfaatan Google Cloud. Bila dapat menggunakan alat dan metode terbaru, kita dapat melakukan banyak aktivitas dengan cepat dan mudah. Ini membantu untuk menghemat waktu dan uang.

Sharia

Berita ekonomi, investasi, asuransi, investasi dan perbankan syariah. Berita di katogeri ini dirancang agar masyarakat bisa semakin tangguh dalam mengatur keuangan di masa pandemi. Selain itu, ini juga sebagai pembekalan diri dengan pemahaman finansial yang kuat seiring meningkatnya tren keuangan digital di kehidupan sehari-hari.

Salah satunya mengenai umroh yang berlangsung di tahun depan. Kalau masih mau berangkat ke tanah suci harus menyiapkan uang tambahan sekitar 30% dari yang ada. Kalau butuh info tambahan bisa diperoleh di artikel Biaya Umrah Diperkirakan Akan Naik.

Luxury

Berita barang mewah, gadget, travel, hotel dan kuliner. Kawula muda yang eksis dan gaul pasti tak mau ketinggalan berita hits dan juga tending. Di Luxury semua keinginan itu dapat terwujud.

Nih, bagi pecinta jam tangan artikel seperti ini tentu menarik perhatian. 5 Jam Tangan Termahal di Dunia. Kalau kita termasuk yang tidak mampu, setidaknya tahu posisi dan kondisi,

Masih malas untuk membuka Fotune Indonesia? Tentu tidak kan ya!

Keunggulan Fortune Indonesia

Akses informasi berkualitas dan ramah untuk Milenial dan gen Z

“Meski FORTUNE menargetkan pebisnis profesional sebagai audiens utamanya, hal ini sama sekali tak mengurangi fokus IDN Media pada Millennial & Gen Z. So, tak perlu khawatir lagikan untuk mencoba mencaritahu perihal Fortune ini?

Tampilan News Yang Simpel dan Informatif

Kesan pertama saat membuka website FORTUNE adalah tampilan feeds yang rapi  dengan sentuhan warna yang soft. Bikin enak dipandang  dan dijamin kita bakalan betah berlama-lama menjelajahi setiap headline yang disajikan. Apalagi ditambah tampilan feed yang simpel membuat pembaca makin tergoda untuk mengklik deretan topik menarik, yang selalu update setiap saat.

Kemudahan Mengakses Berita Di News Feed

Kemudahan mengakses berita merupakan hal penting. Nah, semua kategori berita ditampilkan dalam news feed. Jadi, kita tidak perlu repot-repot ngeklik banyak menu   untuk menikmati kategori berita berikutnya. Kita pun bisa memilih berita sesuai dengan waktu release. Melalui Most Popular kita bisa melihat berita yang paling banyak dicari di setiap kategori.

Topik Lebih Fokus

Dari masing-masing kategori tedapat keterangan di bawahnya. Misal dari kategori Luxury ada keterangan berita barang mewah, gadget, travel, hotel dan kuliner. Kita gak perlu bingung apalagi pusing dengan berbagai pilihan topik yang ditampilkan. Kita bisa banget memilih topik sesuai dengan selera kita. Misalnya nih, jika kita penyuka traveling bisa memilih kategory Luxury untuk referensi mencari barang, tempat liburan ataukah budget yang harus dipersiapkan.

Bebas Gangguan Iklan

Ada satu lagi yang membuat saya betah untuk menjelajah satu persatu artikel yang masih terasa asing dan baru. Penataan iklan di luar spot bacaan membuat pembaca terasa lebih nyaman. Jadi, tidak merasa terganggu dan khawatir kalau ada iklan yang muncul di tengah keasyikan kita membaca artikel/ berita.

Mobile friendly

Selain itu, penampilan FORTUNE  sudah mobile friendly. Website mobile-friendly menampilkan layout dan konten website sesuai perangkat yang digunakan pembaca. Kerennya, website ini hasil optimasi untuk perangkat mobile sehingga menjadi portal responsif, karena mampu beradaptasi dengan berbagai jenis ukuran layar dari perangkat.

Listicle

Listacle adalah ciri yang dapat ditemukan di setiap artikel. Listicle merupakan cara menyampaikan sebuah informasi dengan  memberikan poin-poin penting. Dalam setiap artikel di kategori ada list bagian yang menjadi inti berita. Bagian ini menjadi poin penting untuk menandai informasi yang diberikan.

Ada Related Topic dan Related Artikel

Ketika mencari satu topik, misal yang bitcoin, kita bisa melihat artikel lain yang berkaitan dengannya. Pun dengan topik yang berkaitan dengan atikel yang kita baca. Tidak perlu repot membolak-balik apalagi mengetik di pencarian kembali.

Memudahkan sekali kan? Ini jugalah yang disukai oleh generasi Milenial. Simpel dan tidak ribet.

Bagaimana, Sudah jelas kecenya FOTUNE kan? Dengan FORTUNE kita tidak akan pernah ketinggalan berita-berita terkini yang informatif, inspiratif dan tentunya bakalan menambah pengetahuan, khususnya di bidang bisnis dan ekonomi.

Yuk, segera tancap gas ke Fotune.idn.

Related Posts

12 thoughts on “Fortune Indonesia: Partner Wirausaha Milenial dalam Mengembangkan Bisnis Di Masa Pandemi

  1. Lengkap sekali artikelnya mbak 😉 info grafisnya juga kece.

    Sepakat mbak Fortune Indonesia ini websitenya informatif dan reader friendly. Bisa nyaman berlama-lama baca dan artikelnya juga banyak serta variatif.

  2. indonesia memang butuh pengusaha muda yang lebih banyak ya mbak. semoga kehadiran fortune ini bisa jadi pemantik kaum muda terutama untuk terjun membawa perubahan perekonmian indonesia yang lebih baik.

  3. buat emak-emak yang ga terlalu mudeng bisnis, fortune indonesia cukup asik untuk dibaca. topik yang dihadirkan relate banget sama kondisi saat ini.

  4. buat saya yang ga terlalu mudeng bisnis, fortune indonesia cukup asik untuk dibaca. topik yang dihadirkan relate banget sama kondisi saat ini.

  5. buat saya yang ga terlalu mudeng bisnis, fortune indonesia cukup asik untuk dibaca. topik yang dihadirkan sesuai banget sama kondisi saat ini.

  6. related topic bikin g berhenti ngeklik deh alhasil jadinya berselancar terus menyimak berita bisnis update terkini, yup CEO IDN media ini. memang memiliki visi misi besar yang keren abis deh mulai dari IDN hingga fortune ini membuatku berpikir bersyukur Indoensia memiliki pemuda seperti beliau

  7. Wow lengkap sekali artikelnya, infografisnya juga keren. Hai, Kak, senang sekali “menemukan” Kak Apiida di sini, tahun lalu saya menyimak kelas menulis fiksi yang diadakan Elfa yang narasumbernya Kakak 🤭 Sukses selalu, ya 😇

  8. Kece juga sajian dan tampilan dari Fortune Indonesia supya bisa melek literasi bisnis, ekonomi dan keuangan. Kalau ngomongin Fortune, saya pun juga suka rubrik mengenai ranking, entah orang terkaya atau dari segi prestasinya. Membacanya, selain kagum, ingin seperti itu, sekaligus belajar.

  9. Iya nih. Aku heran lho…Fortune Indonesia berani bener, terbit di masa pandemi. Tapi kalau membaca berita-beritanya sih membawa optimisme gitu. Mana kan hari gini banyak bisnis terpuruk, malah ngeluarin ranking 100 perusahaan kan. Keren-keren…Perusahaan yg survive pastinya perusahaan yg kompeten…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *