popac 2021

Mengenal Popmama Parenting Academy (POPAC) 2021 Lebih Dekat

Popmama Parenting Academy (POPAC) 2021 kian dekat. Sebagai acara di penghujung tahun 2021, kegiatan ini memberi angin segar untuk mama di tengah kejenuhan selama pandemi. Lebih tepatnya untuk mama, papa dan buah hati. Karena, dari serangkaian acaranya ada yang khusus untuk anak-anak juga.

Sebelumnya, POPAC 2019 diadakan secara offline. Ada suka cita yang bisa dirasakan secara langsung. Salah satunya dengan mengadakan lomba tari untuk anak-anak serta serangkaian kegiatan yang dapat dinikmati bersama keluarga. Selain sebagai hiburan untuk anak juga menambah wawasan orang tuanya.

Tahun 2020, semuanya berpindah secara virtual. Kegiatan pun lebih bervariasi. Nah, di tahun 2021, akankah ada yang berbeda?

POPAC merupakan acara tahunan yang diadakan oleh Popmama.com sebagai one stop solution bagi keluarga Milenial yang mencari hiburan, pendidikan, pengalaman menyenangkan, dan pengalaman berbelanja.

Sesuai dengan perkembangan yang ada POPAC juga meng-upgrade diri sesuai dengan kebutuhan orang tua Milenial zaman now. Inilah salah satu keunikan POPAC, tanpa mengesampingkan pengetahuan untuk mama di rumah, mereka juga perhatian akan kebutuhan mama, yaitu berbelanja dengan harga terjangkau.

Akankah POPAC 2021 memiliki konsep menggugah di tengah kejenuhan menghadapi pandemi? Semoga saja demikian.

Sebelum membahas info POPAC 2021, kita kenali dulu yuk timeline terbentuknya POPAC ini. Agar sebagai generasi Milenial kita tidak ketinggalan info menarik seputar dunia parenting zaman now.

18 Februari 2019: Popmama.com Terbentuk

IDN Media meluncurkan Popmama.com sebagai kontribusinya dalam meng-upgrade mama Milenial. Tak hanya menyasar pebisnis muda melalui Fortune ataukah IDN Times untuk kawula muda, IDN Media juga memerhatikan perkembangan orang tua Milenial zaman sekarang yang tak bisa lepas dari platform digital.

Popmama.com berkomitmen untuk menjadi ‘Parenting Guide for Millennial Mama’. Tidak hanya menyediakan konten tentang pernikahan, kehamilan, bayi, anak-anak, hingga gaya hidup, mereka juga menyajikan berita terhits dari seluruh dunia serta informasi mengenai perkembangan dunia parenting.

Sebagai media yang menghargai perkembangan, Popmama.com juga menyediakan support system melaui Popmama Arisan. Namanya dunia mama, agar menarik dibuat acara bulanan untuk para pembaca setia dong. Istilah kerennya Popmama Community.

Dalam acara tersebut para ahli berbagi pengetahuan dan membahas permasalahan dalam parenting. Pembaca pun berkesempatan untuk saling berkenalan sekaligus berbagi pengalaman.

Di bawah pengawasan Sandra Ratnasari yang juga Editor in Chief Popmama.com, terselenggara POPAC sebagai ajang tahunan. Selain untuk menghargai pengorbanan mama juga mengenalkan betapa pentingnya pengaruh mama dalam kemajuan bangsa.

Kategori Situs popmama.com

Situs popmama.com didesain sedemikian rupa untuk memudahkan pencarian informasi berdasarkan pengelompokkan masalah. Berikut kategori yang ada di situs Popmama;

  • Home. Kategori ini menjelaskan mengenai sejarah berdirinya Popmama yang masih satu naungan dibawah IDN Media.
  • #Covid19 menyajikan informasi tentang seputar pandemi dan perkembangannya.
  • Pregnancy, menjelaskan persiapan mama dalam menjalani kehamilan. Mulai dari persiapan, masa kehamilan hingga persalinan. Terdapat juga tips dan saran dari pakar ternama untuk meningkatkan kenyamanan ibu hamil.
  • Baby, informasi seputar bayi dari 0-6 minggu hingga menuju 12 bulan pertama.
  • Kid, membahas pertumbuhan anak masa usia 1 -5 tahun.
  • Big Kid, membahas pertumbuhan anak sampai dengan usia 9 tahun.
  • Life, membahas permasalahan rumah tangga sehari – hari. Bahasannya mencakup relationship, health and lifestyle, home and living, fashion and beauty.

11-13 Oktober 2019: POPAC 2019

POPAC 2019 kali pertama berlangsung. Selama 3 hari pernak-pernik dunia mama dan buah hati menghiasi The Forum Atrium, Summarecon Mall Serpong, Tangerang. Ada beberapa pilihan acara yang disajikan, antara lain: expo, kelas parenting dan juga talkshow. Selain itu, ada juga penampilan anak-anak dari berbagai sekolah.

POPAC 2019

Berlangsung sebelum pandemi membuat kegiatan ini berlangsung ramai dengan membagi 3 Experiential Area: Parents & Baby, Toddler, dan Big Kids.  Salah satu yang menjadi pusat perhatian di kala itu ada di area Big Kids. Anak mama dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang bisa mengasah kemampuannya. Mulai dari VR, membuat lego, beragam koleksi buku yang sesuai untuk usianya, dan pastinya Bracelet Beads Class selama satu jam di setiap sore hari.

Sesi talkshow diisi oleh tenaga ahli dan influencer. Jika sudah merasa capek dan jenuh daam mengikuti kegiatan, mama dapat cuci mata di berbagai booth produk yang menyediakan promo-promo khusus.

28 September – 3 Oktober 2020: POPAC 2020

POPAC 2020 berlangsung dengan mengusung tema Nurturing The Future Ready Family. Menurut Sandra, tema tersebut diharapkan mampu mendorong keluarga Millenial siap menuju masa depan, salah satunya menjadi keluarga yang high-tech.

POPAC 2020

Berbeda dari tahun sebelumnya, kali ini acara terlaksana secara online. Untuk acara bisa dilihat dan dinikmati melalui website dan Youtube Popmama. Di sana lengkap tertera deretan jadwal yang bisa dipilih. Namun, ada beberapa kelas yang bisa diikuti secara ekslusif melalui webinar dan grup Whatsapp (kuliah Whatsapp).

POPAC 2020 menyajikan pembahasan menarik. Mulai dari pola pengasuhan generasi Alpha, pengelolaan keuangan hingga meet and greet virtual dengan idola anak-anak Nussa dan Rara.

Tak hanya belajar dan pengetahuan baru, Mama juga bisa mendapatkan penawaran menarik dari promo belanja di Tokopedia melalui  Popmama Exclusive Deals. 

1-30 Desember 2021: POPAC 2021

 POPAC 2021 hadir dengan tema “Parents Support Parents” di tahun ketiganya ini. Tema ini sebagai dukungan di tengah peliknya permasalahan di masa pandemi. Dengan build a brighter future for our children kita bisa mencerahkan kehidupan anak yang selama ini terkungkung di rumah.

Bukan hanya untuk anak, kegiatan ini juga berfokus pada pemulihan diri orang tuanya. Melalui webinar, kuliah wa, content series, community awards dan popmama little star diharapkan sesama orang tua milenial saling memberikan support satu sama lain.

Kita sudah terlalu lelah untuk melakukan multitasking pekerjaan (bekerja dan mengurus rumah), saatnya kita santai sejenak bersama keluarga untuk membangun quality time.

POPAC 2021

Apa yang Membuat POPAC 2021 Istimewa?

Dibandingkan POPAC sebelumnya, di POPAC 2021 ada rangkaian baru yakni Community Awards. Ada dua ketegori untuk Community Awards yakni Educative Community Award yang ditujukan untuk komunitas yang paling mendidik. Lalu ada Supportive Community yang ditujukan untuk komunitas paling sportif.

Tema yang diangkat pun beragam, jika sebelumnya ada mengenai finansial keluarga kali ini juga ada tema mengenai keuangan keluarga. Hanya fokus pembahasan yang dibedakan, jika dulu berfokus untuk mengatur keuangan, kali ini bagaimana mama bisa berdaya di rumah salah satuya menjadi mompreuneur. Kita bisa tetap di rumah bersama anak tetapi mampu berpenghasilan.

Pemilihan narasumber pun lebih kepada ke penguatan mental, selain ada tenaga ahli juga berjejer rapi psikolog yang siap berbagi ilmunya. Selain itu, perkembangan dan pertumbuhan fisik juga tetap diperkuat. Salah satunya dengan tips meningkatkan imunitas di masa pandemi.

Tanpa mengesampingkan isu yang sedang trending, tema kekerasan pada anak dijadikan topik diskusi yang menarik. Selain itu, mengenai edukasi bagaimana cara merawat anak yang menarik dari berbagai belahan dunia salah satunya di Jepang, perihal home schooling dan juga acara mendampingi anak menggunakan gadget.

Yang tak kalah menarik, POPAC juga menyediakan buku panduan mengenai cara pengasuhan anak generasi pandemi. Ini sangat penting di tengah keterbatasan orang tua dalam mencari referensi yang tepat. Melalui download di website kita bisa mendapat segudang pengetahuan baru di tengah keterbatasan.

Nah, bila ada yang tertarik dengan dunia mendongeng juga bisa menikmati dan berlatih, entah melalui perseorangan ataukah berdasar pada komunitas yang ada. Lebih lengkapnya lihat di media sosial POPAC.

Untuk acara anak yang ditunggu, ada Popmama Little Star. Bertujuan dalam meningkatkan kreativitas dan kepercayaan diri anak, kita bisa menunjukkan minat dan bakat yang mereka miliki dengan rekaman berupa video. Entah mau menyanyi, menulis, silat atau yang lain, semuanya dapat disertakan.

Untuk acara lainnya, ada yang sama tapi tetap seru untuk dilakukan,salah satunya mengenai lomba blog.

Popac 2021 Memang Beda!

Jika sebelumnya rangkaian acara kegiatan berlangsung selama 3 hari, tahun ini POPAC ada selama satu bulan penuh, dengan serangkaian acara istimewa dan lomba tentunya.

Di tengah euforia POPAC, terselip rasa untuk berbagi dengan anak atau orang tua yang kurang beruntung di masa pandemi ini. Adanya pengumpulan donasi untuk keluarga setidaknya mampu membantu biaya hidup serta pendidikan mereka. Bagi yang ingin mendonasikan sebagian rezekinya bisa langsung ke kita bisa.

Sayangnya, menjelang POPAC 2021, masih belum ada rundown acara secara jelas dan gamblang. Padahal hal ini sangat dinantikan. Selain untuk memudahkan dalam pemilihan waktu seperti POPAC 2020, juga untuk mempertimbangkan tema mana yang mau diikuti.

Pun dalam membantu media belanja mama, apakah tahun ini juga bekerjasama dengan Tokopedia lagi? Entahlah. Ini masih menjadi momen yang dinantikan. Kan sayang kalau dilewatkan! Jadi tidak sabar menunggu jadwal seluruh rangkaian kegiatan diumumkan.

Related Posts

14 thoughts on “Mengenal Popmama Parenting Academy (POPAC) 2021 Lebih Dekat

  1. Popmama dan POPAC 2021 benar-benar bisa menjadi one stop solution. Aneka topik tumbuh-kembang anak dibahas. Dalam tahun 2021 ini pun waktunya lumayan lama, ya. Bakal banyak banget pesertanya nanti nih.

  2. popmama ini lengkap banget ya. banyak ulasan mengenai parenting maupun di luar parenting. ada bahasan menganai anak-anak, bayi, remaja hingga dewasa… ada problem parenting? cek aja di popmama yaaa

  3. Popmama Parenting Academy 2021 semakin komplit dan event ini diadakan sebulan penuh. Seru banget yaaa…Beruntung mengenal komunitas ini saat anakku beranjak ke usia awal remaja. Yang pasti kami masih membutuhkan dan menikmati quality time. Belajar bareng Popmama berasa punya sahabat baik yang nyaman.

  4. wah menarik sekali event nya. ada kopetisi, ada launching buku, ada webinar parenting. lengkap. semoga belum ketinggalan nih aku, mumpung masih awal desember nih, hihi.

  5. wow, rangkaian acranya sebulan ya mom. pasti banyak ilmu yang bisa diserap dengan baik. dan benar, jadi angin segar buat para millenial mama selaa pandemi begini. semoga sll ada terus event popmama ini

  6. Seru banget kayanya kalau bisa join event POPAC offline, vibes kebersamaan dan support systemnya pasti berasa banget. Tapi so far event POPAC onlinepun banyak bgt dpt insight dan seru juga pembahasan dan eventnya 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.