SIM online

Mudahnya Memperpanjang Masa SIM Secara Online

Siapa yang masa aktif SIM-nya akan berakhir?

Siapa yang malas untuk datang pagi-pagi ke Satpas (Satuan Penyelenggara Administrasi SIM) di Polres? Belum mengambil nomor antrean dan antre sana-sini.

Mau atau terpaksa, perpanjangan SIM memang perlu dilakukan!

SIM itu penting, dibutuhkan sebagai kelengkapan pengemudi kendaraan. Istilahnya tanda bukti kalau kita layak menjadi pengendara.

SIM didapat melalui serangkaian ujian, ada ujian tulis dan uji berkendara. Ujian tulis bisa dipelajari, tetapi untuk praktik, kita dihadapkan pada tantangan tersendiri. Apalagi ketika menghadapi jalan seperti angka delapan. Perlu skill khusus untuk bisa melaluinya.

Nah, SIM sendiri memiliki masa berlaku, empat tahun. Kita perlu melakukan pembaharuan untuk dapat memperpanjang masa aktifnya. Kalau terlambat sehari saja, HARUS MENCARI SIM BARU LAGI. Sayang kan!

Sayangnya antrean untuk mendapat pelayanan ini terkenal dengan antrenya. Bahkan ada yang rela datang jam 6 pagi, padahal loket baru dibuka jam 8. Ini juga yang menjadi salah satu alasan untuk males melakukannya. Apalagi untuk anak muda yang terkenal dengan unsur praktisnya.

Di masa yang serba cepat dan efisien seperti saat ini, perpanjangan SIM bukan sesuatu yang ribet. Bisa dilakukan di rumah kok. Tidak percaya?

Nah, ada terobosan baru yang layak untuk dicoba, memperpanjang SIM secara online. Aplikasi digital ini diluncurkan tanggal 13 April 2021.

Mau tahu cara melakukannya? Yuk, dibaca pelan-pelan.

Mempersiapkan kelengkapan data

Pendaftaran SIM online ini berlaku 90 hari sebelum masa SIM habis. Silakan diperkirakan waktu yang diperlukan. Perlu diingat, jangan terlalu mepet ketika mendaftar.

  • Satu aplikasi dimasuki dengan satu identitas, jadi pastikan RAM ponsel cukup untuk mengunduh aplikasi yang diperlukan
  • Kuota lancar, jangan sampai proses pengisian data terganggu karena kelalaian kita.
  • Berpakaian sopan, ini berhubungan dengan pengambilan foto sebagai media verifikasi.
  • Plus yang tak kalah penting adalah layar atau kain berwarna biru. Langkah ini diambil untuk antisipasi kalau sistem eror ketika kita memasukkan foto yang telah ada di galeri.
  • Foto E-KTP
  • Foto SIM
  • Foto tanda tangan berlatar putih
  • Rekening atas nama pribadi/ pendaftar

Carilah ruang dengan pencahayaan bagus. Siang hari adalah waktu yang tepat dibanding waktu lainnya.

Sebenarnya, proses pengisian data dan verifikasi di rumah memerlukan waktu dan juga kesabaran. Sama seperti ketika mengisi formulir perpanjangan secara langsung.

Download Aplikasi Digital Korlantas

Aplikasi ini hanya dapat digunakan sistem android atau di playstore. Untuk dapat mengaksesnya perlu kode OTP dan juga verifikasi data. Selain NIK, nama, foto, juga diperlukan email aktif.

Sumber pribadi

Salah satu yang menjadi tantangan adalah menyelaraskan pose atau wajah kita dengan instruksi yang dilakukan.

Dalam melakukan tes kesehatan akan ada pilihan untuk melakukan secara online ataukah datang ke fasilitas kesehatan terdekat. Pilihan ini memudahkan kita untuk melakukan booking.

Tes Kesehatan

Dalam pengisian ini juga ditanyakan mengenai paparan Covid-19 dan juga penyakit peserta. Pertanyaannya cukup panjang, tetapi jawaban yang diharapkan singkat. Setelahnya adalah mengukur tinggi badan, berat badan dan juga golongan darah.

Tes Psikologi

Tes psikologi dilakukan setelah peserta membayarkan biaya administrasi sebesar 37.500. Soal di dalamnya terkait kecermatan yang dibatasi waktu. Ada 100 pertanyaan seputar pengetahuan kita dengan pilihan setuju, sangat setuju, tidak setuju,  sangat tidak setuju ataukah abstain.

Contoh Tes Psikologi

Selanjutnya perihal kecermatan angka, terdapat 10 kloter dengan masing-masing 40 pertanyaan. Pertanyaan dalam ujian ini berpola dan memiliki karakteristik yang sama, jadi mudah dilalui dengan ilmu titen.

So, pastikan tubuh dan pikiran dalam keadaan fit, apalagi mata.

Hasil dari pemeriksaan nanti akan langsung keluar dan dapat digunakan dalam rentang waktu 6 bulan. Pun untuk hasilnya akan dikirimkan ke email yang telah kita daftarkan.

Setelah semua persyaratan terpenuhi tinggal meverifikasi data dan melakukan pembayaran sekitar 100.000 ribuan. Ini juga sudah termasuk pajak dan juga uang pengiriman.

Setelah semua selesai tinggal menunggu SIM diantar hingga ke rumah. Pun kalau segala sesuatunya terkendala, uang yang telah dibayar akan dikembalikan ke rekening yang telah diisikan di dalam persyaratan.

Bagaimana? Mudah bukan.

Perkara memperpanjang SIM bukan lagi hal yang sulit dan membosankan ketika kita mau berusaha.

Halangan dari Pengalaman Beberapa Teman

Kode OTP tidak dikirim

Pastikan nomor ponsel kita aktif. Akan ada pemberitahuan lewat SMS dan biasanya gagal. Setelahnya, coba lagi mulai dari awal. Nanti akan ada pilihan, apakah kode OTP akan dikirim melalui whatsapp atau email. Tinggal pilih, kemudian masukkan kode OTP yang berjumlah 4 digit.

Saya terlanjur mendownload beberapa aplikasi (Digital Korlantas, ePPsi SIM dan e-Rikkes) tetapi nyatanya tidak bisa.

Biasanya aplikasi yang didownload per item di atas tidak sesuai dengan instruksi yang ada. Aplikasi utama adalah Digital Korlantas, untuk tes kesehatan dan juga psikologi yang digunakan sesuai dengan yang dianjurkan dalam perintahnya. Jadi, ketiga aplikasi itu satu kesatuan, tidak didownload sendiri-sendiri.

Jadi, ePPsi SIM dan e-Rikkes silakan download dari dalam aplikasi Digital Korlantas.

Sumber Pribadi

Saya gagal verifikasi nomor rekening sebagai syarat untuk pengembalian jika pendaftaran gagal.

Dalam memasukkan nomor rekening, pastikan nama sesuai dengan pendaftar. Intinya pakai rekening dengan nama sendiri.

Foto yang diambil secara langsung selalu gagal.

Hal utama yang perlu menjadi perhatian adalah pencahayaan, usahakan berada di tempat terang. Selain itu ikuti perintah dengan cepat dan tepat. Jika diminta berkedip, membuka mulut ataukah mengangguk ya cepat dilakukan. tidak lelet.

Saya kesulitan melakukan pemeriksaan fisik.

Bila memang ada halangan dalam melakukan pemeriksaan fisik di sekitar daerah yang ditunjukkan. Misal: Saya memilih daerah Bantul, maka akan ada dua tempat dokter yang disarankan dan kita memilih salah satu yang terdekat.

Kita harus ke tempat itu sesuai dengan booking-an atau tanggal yang ditentukan. Namun, sayangnya saya tidak bisa ke sana.

Pilihannya ada dua, pertama reschedule.

Seperti mengisi pendaftaran, nanti akan diminta mengisi formulir keterangan mengenai Covid-19 dan juga penyakit penyerta. Setelahnya tinggal menata ulang jadwal yang diinginkan.

Kedua, jika masih mengalami kesulitan ke fasilitas kesehatan itu, silakan pilih pemeriksaan fisik secara online, bisa dilakukan dengan memilih tempat di pemerintah Jakarta Pusat.

Perbandingan Perpanjangan yang Berhasil VS Gagal

Bagian manakah yang berbeda?

Ya benar, terdapat replika kartu SIM yang sudah berhasil diperpanjang.

Seharusnya dalam kartu yang nantinya akan dicetak sudah ada foto yang tertera, tetapi untuk sekarang fotonya saya simpan dulu ya.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Related Posts

302 thoughts on “Mudahnya Memperpanjang Masa SIM Secara Online

  1. Lengkap sekali informasinya, Mbak. Bermanfat sekali ini. Saya simpan karena Agustus nanti saya mesti memperpanjang SIM. Senangnya kini makin mudah saja, karena bisa online ya, enggak perlu antri lama

  2. Ulasannya lengkap dan detail sekali. Inovasi terbaru tentang pengurusan SIM ini bagus sekali, dan harapannya memang benar-benar memudahkan masyarakat dalam efisiensi dan sisi praktisnya ya mba. Semoga ke depannya juga ada sosialisasi lebih jauh tentang program ini dari dinas terkait, sehingga masyarakat bisa lebih mudah dalam mengaplikasikan dan kendala-kendala teknis bisa diminimalisir. Terima kasih informasinya mba April.

    1. Bener sih Mbak, dari pengalaman yang gagal biasanya karena faktor penggunanya juga. Seperti saya, gagal beberapa kali verifikasi karena tidak pakai nomor rekening sendiri.

  3. Terimakasih semua pengalamannya yang sudah dibagikan. Tahun ini bulan September SIM habis. Nanti coba mengikut langkah nya. Semoga saj lancar dan tidak banyak drama seperti memperpanjang secara manual

    1. Semoga saja Mbak, kalau ponselnya jadul seperti milik saya akan ada drama, tetapi kalau ponselnya lebih canggih dan internet lancar kemarin lebih lancar. Sehari jadi.

  4. Sebelumnya saya juga berniat memperpanjang via online Mbak. Tapi akhirnya kesulitan menentukan lokasi fasilitas kesehatannya, karena rata-rata jauh dari rumah. Jadi akhirnya saya terpaksa menggunakan metode konvesional lagi, alias datang ke lokasi hehe.

  5. Iya nih dulu harus antri subuh duh ribet banget. Terus dikasi tau suami ada perpanjang online. Jadi mudah banget deh. Tapi belum nyoba, ternyata ada tes psikologinya juga ya.

  6. Waah sayang sekali baru tau cara perpanjang SIM online gampang begini

    Saya malah harus rela gak masuk kerja buat perpanjang SIM offline, sayang banget baru tahu ilmunya

    Terimakasih sharingnya mbak

  7. makasih ya mbak udah berbagi info soal perpanjangan sim online ini, cocok buat aku yg kerja dan takut enggak sempet malah mati ntar sim nya

  8. subhanaalloh jdi inget sama sim yang kayake mau habis nih masa berlakunya. sejak tak pegang motor sendiri rasane lupa sama barang ini wah aku mau nih lihat habis ini cek SIM di dompet

  9. Sekarang semua bisa dilakukan secara online, termasuk perpanjangan SIM ini. Kalau di tempat saya perpanjangan SIM,STNK sudah ada di kecamatan mbak, ada jadwalnya. Kalau ada sistem online gini, bisa mengurangi antrian jadi lebih hemat waktu ya. Bisa dicoba nih, kalau besok perpanjangan SIM.

  10. Wah makasi banget infonya. Terakhir perpanjang SIM tahun lalu secara offline. Butuh setengah hari, dan mesti datang pagi hari sekali jam 6 agar dapat nomor antrian. Kalau ada sistem online seperti ini sangat membantu.

  11. Wah, harus persiapan punya latar belakang biru dulu kalau gitu ya mba. Terima kasih loh, baru ini tau secara detail tata cara perpanjangan SIM Online. Bisa diterapkan nih untuk bbrp tahun lagi saat SIM saya habis masa waktunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *