go digital

Panen Raya Usaha Keripik Melalui Go Digital

Dari buku Penyesuaian Musiman dengan Efek Ramadhan pada PDB Pengeluaran dari Badan Pusat Statistik, Ramadan dan Idul Fitri menjadi faktor dominan dalam meningkatkan pengeluaran konsumsi rumah tangga. Persiapan berbuka dan sahur selama sebulan, kebiasaan menyediakan makanan/ minuman khusus untuk perayaan lebaran dan budaya pulang kampung menjadi pemicu pengeluaran yang lebih dari biasanya.

Dari data pencarian kata kunci di Google Trend pun dapat menggambarkan bagaimana komoditi yang banyak dicari selama Ramadan.

Sumber: Pusat Data Statistik 2019

Tak bisa dipungkiri, Ramadan identik dengan makanan. Manis, dingin, hangat, segar ataukah yang suka pedas juga ada. Aneka minuman dan makanan beragam. Di sisi lain harga dan rasa membuat lidah serta kantong memberontak.

Sumber Google Trend

Sebagai konsumen, saya juga sering bimbang, Padahal. tinggal pilih dan disesuaikan budget. Namun kenapa masih saja sulit untuk memilih?

Itulah keinginan. Manusia memiliki nafsu untuk memuaskan ego. Salah satunya perut. Selama Ramadan, kita harus menahan lapar dan dahaga. Ibarat perut diikat, berdasarkan niat semuanya terikat dan ketika azan berkumandang, ikatan itu seraya dilepas.

Belum puas dengan makanan pembuka, butuh camilan yang menggoda selera di malam hari. Tidak hanya satu, tetapi aneka rupa camilan untuk menemani ngaji dan begadang. Salah satu camilan yang murah meriah, tiada lain adalah keripik atau dalam istilah lainnya ceriping.

Peluang Bisnis Usaha Keripik

Di kabupaten Blitar, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) telah menjamur di mana-mana. Menurut Dinas UMKM Kabupaten Blitar, jumlah pelaku usaha mikro tercatat sebanyak 9.243 yang tersebar di 21 kecamatan. Sebanyak 509 usaha pengolahan makanan di antaranya ada di wilayah Kecamatan Ponggok.

Logo Keripik RIZKY

Usaha keluarga tante saya (Muryatin) dengar merk Keripik RIZKY termasuk salah satu yang berjuang di antaranya. Usaha rumahan ini menjadi alternatif pemasukan keluarga setalah om dan tante kena PHK. Padahal mereka berdua masih memiliki dua anak yang harus diberi pemasukan lebih karena kuliah dan belum punya penghasilan tetap.

Peluang usaha makanan kering seperti keripik nyatanya masih terbuka lebar dan menjanjikan. Selain mampu mengangkat ekonomi keluarga juga mudah dalam menjalankannya, karena jenis makanan ringan ini dapat dinikmati anak-anak hingga orang dewasa. Selain dari harga yang ramah di kantong, juga dapat dinikmati kapan pun dan di mana pun.

Saat ingin memulai usaha keripik, perlu adanya perencanaan dalam menjalankannya. Walau dalam skala kecil setidaknya ada gambaran mau dibawa ke mana usaha yang akan kita lakukan. Berkaca dari usaha Keripik Rizky yang memulai usaha dari nol, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan jika ingin memulai usaha keripik singkong ini, di antaranya:

  • Singkong 2 karung Rp 50.000 atau pisang 1 tandan
  • Pembungkus /plastik sealer Rp. 25.000
  • Bahan Baku Rp. 15.000
  • Minyak Goreng Rp.  50.000
  • Rempah-rempah Rp. 5.000
  • Gula Merah Rp. 4.000
  • Cabe Merah Rp.7 .000

Alat yang di butuhkan/ rinciannya:

  • Wajan Rp55.000
  • Solet Rp4.000
  • Serok: 2 @Rp20.000
  • Baskom 4 @Rp5.000
  • Ember/bak 2 @Rp25.000
  • Pisau 3 @Rp 25.000
  • Kompor Rp 600,000
  • Gas 3 @Rp 20.000

Perkiraan modal awal: Rp 1.060.000

Harga Pokok Produksi  = Rp. 35.300 x 30 hari = Rp. 7.680.000/ perbulan
Target penjualan

Kemasan 1 kg : Rp 10.000 = setidaknya harus terjual 4 bungkus/ hari.

Kemasan ½ kg : Rp. 5.000 = setidaknya 8 bungkus/ hari.

Nah, agar target penjualan produk tercapai perlu adanya perencanaan yang tepat.  Inilah yang sering terlupa!

Apiida Sokoomah

Persiapan Menuju Go Digital

Berbicara mengenai digital pasti ada kaitannya dengan internet dan dunia virtual. Go Digital bukan sekadar trend. Ini sebagai proses adaptasi pelaku bisnis/ usaha untuk dapat bersaing di masa sekarang. Tidak hanya di kota, di desa pun juga berlaku hal yang sama. Di mana semuanya sudah mengalami otomatisasi.

Kalau kita tidak mampu memanfaatkan dunia digital sesuai kebutuhan, berarti kita belum siap melakukannya.

Untuk dapat mengoptimalkan Go Digital dalam bisnis ada beberapa persiapan yang harus dilakukan, di antaranya:

Jejaring Sosial

Jejaring sosial saat ini semakin menjamur, Instagram, facebook, tik tok ataupun twitter semuanya memiliki sarana untuk saling terhubung. Mau berbicara dengan teman SD yang lama tak ketemu, bisa. Bicara dan melihat aktivitas orang beda tempat saja mudah. Nah, pemanfaatkan circle pergaulan untuk dapat meningkatkan pendapatan terbuka lebar.

Pemilihan jaringan internet pun juga harus dipersiapkan. Apakah cukup denaan membeli data ataukah memasang Wifi yang sejatinya mampu menjaga keseimbangan kuota selama di rumah atau tempat jualan.

Media Smart Phone

Saat ini smart phone menjadi kebutuhan, tidak hanya untuk komunikasi, tugas sekolah hingga bisnis pun dapat dijalankan melalui perangkat ini. Di mana pun, kapan pun dan dengan siapa pun dapat terjangkau. Sebagai pelaku bisnis, bila kita berfokus pada kepuasan diri seperti memanfaatkan Smart phone hanya untuk belanja, berarti kita belum siap untuk Go Digital. Berbeda kalau kita dapat memanfaatkan semua fasilitas ini untuk promosi, membalas pesanan ataukah sekadar memberikan testimoni.

So, sudahkah memiliki Smart Phone yang tepat?

Analisis

Analytics dapat membantu menganalisis perkembangan bisnis. Salah satunya mengenai keberhasilan marketing plan yang kita lakukan. Lebih khusus lagi, berdasarkan data kita dapat mengetahui kapan konsumen cenderung memutuskan untuk membeli. Pun kita dapat membatasi postingan  produk pada hari tertentu karena tidak ada ketertarikan.

Cloud

Seperti yang kita tahu perkembangan dunia IT berkembang pesat, salah satunya kita dapat mengakses informasi sekaligus mendapat pelayanan dari sebuah aplikasi. Cloud juga salah satu bentuk perkembangan yang bisa dimanfaatkan dalam mengembangkan bisnis agar terlihat elegan. Melalui Cloud data dapat tersimpan dengan aman. Pun kalau membuat situs tentang usaha dapat terdata dan terjaga.

Bisnis Rumahan Siap Go Digital

Varian Keripik Rizky

Bisnis selalu dikaitkan dengan keuntungan. Selama bisnis jalan, keuntungan pun dapat masuk kantong. Salah satu jalan untuk bisa melakukannya tentu saja dengan mengoptimalkan dunia digital sesuai dengan kebutuhan bisnis yang kita jalankan. Berawal dari bisnis lokal secara offline, kita perlu beradaptasi dan berkembang secara online. Salah satu langkah tepat tentu saja membuat website.

Dalam membuat website, kita perlu memikirkan domain yang tepat. Dilansir dari idcloudhost.com, domain adalah nama unik yang mengidentifikasi alamat suatu website/ blog sehingga akan mempermudah pengguna untuk mengakses suatu alamat website di internet.

Sebagai tonggak penghubung produk kita dengan orang lain, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan sekaligus ketika membuat website, diantaranya:

Membangun Branding

Branding merupakan bentuk kepercayaan diri bagi pelaku usaha agar produknya tepercaya dan dapat dikenal masyarakat. Website seakan jadi rumah yang bisa kita dekorasi sedemikian rupa untuk membuat produk nyaman dan dapat dipandang sedap oleh orang lain. Dengan mengenalkan perkembangan yang ada, produk menjadi lebih terkenal. Apalagi saat ini tersedia juga blogger yang siap membantu untuk review, salah satunya dengan lomba ataukah sistem kerja sama.

Memasarkan Produk Sesuai Selera Konsumen

Semakin meningkatnya SEO website kita di mesin pencari, kesempatan untuk dibaca akan semakin luas. Jangkauan konsumen menentukan perkembangan bisnis yang kita jalankan. Memasarkan produk melalui website adalah salah satu jalan untuk memulainya. Selain murah dan efisien, juga dapat dilakukan di mana pun.

Dalam hal ini Kita perlu memajang foto produk, memberikan ulasan dan juga testimoni yang dapat menjadi gambaran pembaca untuk lebih dekat dengan produk yang ada. Bisa saja, dari apa yang kita tulis nantinya mereka dapat membagi di status WA, Tik Tok atau story IG. 

Jalan Pembuka Mencari Partner Usaha

Kejujuran dan kepercayaan adalah modal awal untuk mencari partner usaha. Adanya partner usaha membantu kita dalam membagi peran. Kita bisa mengajak teman, saudara, tetangga atau pasangan untuk memulai usaha keripik misalnya. Namun, perlu persiapan matang dan langkah tepat jika terjadi gesekan di kemudian hari.

Pun ketika usaha sudah berjalan, perlu partner lebih luas dalam menjalakannya. Website adalah jalan bagi partner dalam menilai kualitas produk yang kita produksi. Pun dari sana mereka menilai mengenai kepercayaan masyarakat dan juga prediksi keuntungan. Apakah usaha keripik bisa bertahan ataukah tidak!

Menjadikan Usaha Lebih Profesional

Pengalaman dan pengetahuan dalam bisnis harus selalu berkembang agar produknya dapat bersaing. Pun dalam hal ini. Selain owner yang juga harus di-upgrade, produk juga perlu berkembang.

Semisal dalam usaha keripik, ada tambahan varian rasa, jenis kemasan yang berbeda (selain plastik transparan juga ada versi ziplock) atau dari slogan dan kata pamungkas yang sesuai dengan produk. Selain itu, pelayanan harus ada peningkatan, ada standar yang dipakai. Pun dengan pengiriman. Jika sebelumnya lokal sekarang bisa ke luar kota.

Story telling dari usaha yang naik turun dapat menjadi daya tarik melalui emosi pembaca. Dengan mengetahui perjuangan usaha, biasanya rasa keterikatan dapat terjalin lebih erat.

Memanfaatkan Endorsement

Memanfaatkan ketenaran seseorang untuk memasarkan suatu produk sudah tidak asing lagi. Endorsement disesuaikan dengan budget. Kalau masih dalam taraf usaha kecil, bisa bekerjasama dengan teman atau komunitas bisnis yang ada. Kita pun bisa mengiklankan produk dengan bantuan public figure atau blogger ternama dengan jumlah followers yang setidaknya berjumlah 1000. 

Menarik Reseller

Berhubungan dengan uang dan promo tentu menarik perhatian pembeli. Hal ini untuk meluaskan jangkauan publikasi produk. Selain melakukan pemasaran secara masif, kita juga harus proaktif menjemput bola. Sekarang banyak ibu-ibu yang menjadi influencer sekaligus blogger sejati. Selain dapat membantu mereka, kita juga dapat meningkatkan kesejahteraan mereka melalui usaha yang ada.

Bisnis Cepat Berkembang Melalui Website

Sebelum membuat website, kita perlu mengetahui informasi akan web hosting terbaik yang mampu menyokong produktifitas usaha kita. Agar tidak menyesal dalam menentukan pilihan, ada beberapa poin yang perlu kita perhatikan, di antaranya:

Performa Server

Poin krusial dalam mencari rekomendasi hosting ialah performa server. Berbicara mengenai bisnis, kita tak ingin ada masalah dengan website saat mendapat pengunjung yang cukup banyak. Apalagi kalau website susah dibuka (lemot). Untuk lebih memastikan, lihat fasilitas yang disediakan, misalnya otomatis backup, anti hotlink, dan lain sebagainya.

Layanan 24 Jam

Salah satu jalan untuk terjun dalam dunia baru tentu saja mencari pengetahuan tentangnya. Pelayanan dari tim CS di setiap waktu membantu dalam kepercayaan diri kita untuk mempertahankan slogan “Memberi pelayanan terbaik, kapan pun!”. So, sebelum menentukan pilihan lihat waktu dalam membalas pesan. Apakah cepat atau justru lambat.

Sebagai pebisnis handal, kadang kita bekerja tak kenal waktu. Salah satunya dalam mengelola website. Nah, kalau ada masalah di malam hari, kita tidak inginkan membuat pengunjung website kecewa kan?.

Harga Hosting

Penyedia hosting saat ini bersaing, ada yang murah atau yang mahal. Saat sudah mengetahui tujuan penggunaan website, memilih harga sesuai fungsi adalah yang utama. Jangan sampai mendapati harga sangat mahal, dalam arti harga tidak normal.

Review Hosting

Alternatif second opinion adalah yang terbaik. Pendapat pengguna lainnya dapat menjadi acuan untuk memilih hosting yang tepat dan tepercaya.

IdCloudHost Jawabannya

IdCloudHost jawaban dari kriteria di atas. Didirikan pada Juni 2015, IdCloudHost mengklaim sudah melayani lebih dari +200.000 klien. Sebagai salah satu perusahaan penyedia hosting Indonesia yang sedang naik daun, pelayanan yang diberikan mampu memenuhi kebutuhan bisnis yang modern.

Fasilitas bisnis dari IdCloudHost

Ingin mengenal lebih dekat dengan IdCloudHost?  Jangan lupa untuk cek Idcloudhost. Siapa tahu di bulan Ramadan ini sedang ada promo menarik.

Yuk, buat website yang keren ketika ada diskon super!

Related Posts

19 thoughts on “Panen Raya Usaha Keripik Melalui Go Digital

  1. Memiliki web memang jadi penting terutama jika ingin bisnis terlihat lebih profesional ya Mbak. Diawali dengan promosi via sosmed, lalu dilanjutkan follow up melalui aplikasi dan edukasi di web, mudah-mudahan bisnis pun terus bertumbuh.

  2. Dengan go digital usaha kripik rumahan bisa berkembang dan lebih meluas dipasarkan. Semoga usaha Tantenya, Kripik Rizky makin maju ya Mba…Ulasan yang menarik menyoal tips go digital bagi UMKM. Dan senangnya IDcloudhost bisa menjembatani UMKM untuk berkembang jadi lebih besar

  3. Era digitalisasi seperti saat ini, emang penting banget buat pelaku UMKM untuk go digital ya mbak
    Dengan go digital, usaha kripik rumahan pun makin berkembang

  4. Kita memang harus menyesuaikan dengan perkembangan jaman ya. Bisnis apapun sekarang memang harus go digital. Kalau enggak ya bakal tertinggal

  5. Era serba teknologi memang sudah seharusnya melek digital, termasuk dalam urusan bisnis. Nggak melek digital bisa-bisa kita semakin tertinggal oleh ketatnya persaingan bisnis. Go Digital bisa jadi solusinya.

  6. Jadi solusi banget nih untuk UMKM yang ingin mengembangkan bisnisnya di dunia digital zaman sekarang kalau nggak ada media sosial atau platform online yang mendukung bisa ketinggalan sama pesaingnya ya…

  7. Di era digitalisasi ini semua sektor termasuk UMKM harus melek teknologi karna kita memang harus mengikuti dan menyesuaikan zaman ya kalau nggak ya nggak akan maju.

  8. Di masa serba digital ini, sebagai pemilik usaha kita harus melek teknologi juga ya karena banyak langkah yang memudahkan kita untuk ekspansi bisnis

  9. Bener banget inii, meskipun jualannya kripik tapii kalau bisa terjangkau seIndonesia bakalan jadi prospek yang besar ya mbaa, jangan sampai hilang karena tergilas jaman, harus bisa go digital!

  10. Wah Terima kasih informasinya. Aku juga punya dagangan keripik nih, mau menawarkan ke ranah yang lebih luas kok bingung mulainya…

  11. bisnis di era digital ini memang harus bisa menyesuaikan ya dengan kondisi yang ada.
    meski pemasaran konvensional tetap berjalan tapi ikut go digital itu penting banget.
    selain medsos, website juga penting karena bisa mengarahkan pencarian langsung ke halaman bisnis kita

  12. Di era digitalisasi saat ini, apalagi ketika pandemi memang para pelaku bisnis dan ukmm harus segera go digital biar luas pangsa pasarnya

  13. Makin kredibel ya jualan kita ketika bisa punya web sendiri. Segala macam informasi bisa diposting di sana dan dioptimasi agar muncul di mesin pencarian. Jadi selain posting di medsos untuk mendapatkan engagement, membuat web untuk jualan juga perlu dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *